Tumis Pare

tumis pare

Assalamu’alaikum..

Ini kali pertamanya saya memasak sayur pare. Sebelumnya saya sudah negative thinking dulu sama sayuran hijau yang satu ini. Padahal dulu ibu saya sering memasak sayur ini, tapi kalau membayangkan rasa pahitnya, rasanya sudah malas duluan untuk memakannya, hehe. Padahal kalau saja kita tahu tips membuat sayur pare tidak pahit, hmm..pasti bakal ketagihan untuk makan sayur ini hehe, seperti saya 😀 .Karena niatnya hanya coba-coba, takut nantinya gak suka dan gak dimakan, saya cuma memasak sedikit saja tumis parenya, cuma menggunakan setengah buah. Kemudian suami saya request tumis pare nya ditambah teri medan, agar tidak terlalu pahit.

Sebelum mulai memasak saya baca-baca artikel terlebih dulu, tentang bagaimana cara mengolah pare agar tidak pahit. Trus langsung bereksperimen, pare saya cuci bersih lalu saya potong tipis-tipis. Setelah itu saya taburi garam dan gula pasir, kemudian diremas-remas sampai parenya lemas. Langsung saya cuci menggunakan air bersih. Setelah itu saya taburi garam dan gula pasir lagi, saya remas-remas lagi lalu didiamkan kurang lebih 15 menit. Setelah itu saya cuci bersih lagi, dan pare pun siap untuk diolah.

Jurus menghilangkan pahitnya pare tadi lumayan ampuh, pahitnya jadi gak seberapa. Walaupun masih ada pahit-pahitnya sedikit, tapi tumis pare ini menjadi enak, hehe. Justru kalau sama sekali tidak ada rasa pahitnya, mungkin jadi aneh rasanya. Sepertinya saya bakal sering-sering memasak tumis pare nih, hehe.

Tumis Pare

Bahan :
1 buah pare, potong tipis-tipis, lalu remas-remas dengan gula dan garam
teri medan secukupnya, goreng sampai garing
100 ml air

Bumbu :
3 siung bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
2 buah cabe merah, iris tipis
1 sdt gula jawa, sisir halus
garam secukupnya

Cara memasak :
1. Tumis bumbu-bumbu sampai harum
2. Masukkan air, tunggu sampai mendidih
3. Masukkan pare yang sudah di remas-remas dengan gula pasir dan garam
4. Masak sampai matang dan air menyusut, kemudian masukkan teri medan, aduk-aduk sampai teri tercampur rata

Selamat mencoba 🙂

Share This:

January 30th, 2016 by

Tagged with: , , , , ,

%d bloggers like this: