Setup Pisang

setup pisang

Assalamu’alaikum..

Saya jarang membeli pisang kepok untuk diolah. Biasanya membuat masakan dari pisang kepok kalau dapat kiriman pisang dari mertua saja, hehe. Minggu pagi kemarin tiba-tiba saya mupeng melihat pisang kepok yang dijual berjajar di pasar. Akhirnya saya beli pisang kepok sesisir, seharga Rp 12.000,00. Pisang ini merupakan buah yang istimewa, karena punya satuan sendiri, satuan pisang, haha. Satuan pisang akan saya bahas sedikit disini, yang sebenarnya gak penting-penting amat sih, hehehe. Setandan pisang, yaitu satuan paling besar untuk pisang. Pisang setandan berarti pisangnya masih bergerombol satu batang besar. Kemudian sesisir pisang, yaitu pisang setandan yang sudah di pisah-pisahkan menjadi gerombolan yang lebih kecil. Yang terakhir, sebiji pisang, yaitu sesisir pisang yang sudah tidak bergerombol lagi. Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang satuan pisang yang gak jelas-jelas amat, dan gak penting-penting amat, tapi lumayan penting sih kalau mau jualan pisang, hehehehe.

Balik lagi ke pisang kepok. Pisang kepok yang saya beli di pasar, tidak habis jika hanya dibuat satu olahan masakan saja. Pisang kepok selain digoreng enak juga untuk dibuat minuman. Salah satu olahan minuman yang menggunakan bahan utama pisang kepok adalah setup pisang. Untuk beberapa orang, setup pisang ini mereka minum hangat-hangat. Tapi kalau saya lebih suka meminumnya dalam keadaan dingin. Jadi begitu setup pisang ini matang, tidak langsung saya minum, tapi saya diamkan dulu sampai tidak panas lagi, lalu saya masukkan ke kulkas sampai dingin baru kemudian saya minum.

Setup Pisang

Bahan :
6 buah pisang kepok, iris sesuai selera
1 batang kayu manis, kira-kira 10 cm
gula jawa sesuai selera
500 ml air

Cara memasak :
1. Rebus air sampai mendidih
2. Masukkan pisang, kayu manis, dan gula jawa, rebus sampai gula jawa mencair, aroma kayu manisnya terasa dan pisang menjadi agak empuk.
3. Matikan api, sajikan hangat-hangat, atau tunggu sampai dingin

Share This:

February 5th, 2016 by

Tagged with: , , , , , , ,

%d bloggers like this: