Rek Ayo Rek Mlaku-Mlaku nang Surabaya : Monumen Kapal Selam

gerbang monkasel
Assalamu’alaikum..

Hari kedua merupakan agenda terpenting kunjungan saya ke Kota Pahlawan ini. Yaitu menghadiri acara pernikahan sahabat saya, Ratih Puspita Furi. Karena acaranya masih jam 11 siang dan daripada hanya tidur-tiduran di hotel, saya dan suami saya memutuskan untuk berjalan-jalan ke Monumen Kapal Selam (benar-benar berjalan-jalan karena kami jalan kaki dari hotel sampai Monkasel, hehe) yang letaknya di Jalan Pemuda Surabaya, diantara sungai Kalimas dan Surabaya Plaza atau delta Plaza yang tidak terlalu jauh dari hotel tempat kami menginap, hanya sekitar 2 km. Setibanya di Monkasel, saat itu waktu menunjukkan sekitar pukul 07.00, dan ternyata loket belum buka. Loket penjualan tiket Monumen Kapal Selam buka pk 08.00 – 22.00.

monkasel

Untuk menghabiskan waktu, kami pun berjalan-jalan di sekitar Monkasel. Di belakang Monkasel terdapat taman skate & bmx. Di taman itu terdapat patung ikan sura (atau ikan hiu dalam bahasa Indonesia) dan buaya atau biasa disebut Patung Surabaya. Menurut cerita, Sura sang penguasa laut berkelahi dengan Baya sang pengusa sungai untuk memperebutkan daerah kekuasaan sehingga keduanya gugur disebuah lokasi, yang saat ini dikenal dengan Surabaya. Patung ini menjadi lambang kota Surabaya. Selain di taman skate & bmx, patung Surabaya ini juga terdapat di Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya dan di Bundaran Jalan Tanjung Priok Surabaya.

patung surabaya

patung surabaya

Ketika waktu sudah menunjukan pukul 08.00, kami segera berjalan menuju Monkasel. Kami membeli tiket masuk Monkasel seharga Rp 10.000,- untuk dapat masuk ke area Monumen Kapal Selam. Kami langsung menaiki tangga di pintu masuk dan memasuki Kapal. Monumen ini bukan merupakan replika namun bentuk asli dari kapal selam KRI Pasopati 401 yang sudah tidak beroperasi lagi. Interior dan barang-barang yang ada di dalamnya masih terjaga keasliannya. Di dalam kapal terdapat AC yang membuat pengunjung merasa nyaman untuk melihat-lihat segala sesuatu di dalam kapal.

 

data KRI Pasopati 410

data KRI Pasopati 410

moto satuan kapal selam

moto satuan kapal selam

Monumen Kapal Selam ini terdapat 7 ruangan, yang terdiri dari :

Ruang 1

Ruang 1 merupakan ruang Torpedo Haluan yaitu tempat untuk meluncurkan torpedo. Di ruang ini terdapat 4 tabung peluncur torpedo, serta terdapat alat transportasi torpedo berupa rantai yang digunakan untuk mengangkat torpedo ke dalam tabung peluncur torpedo.

torpedo haluan

torpedo haluan

alat transportasi torpedo

alat transportasi torpedo

Ruang 2

Di ruangan ini terdapat tempat tidur perwira, ruang komandan serta tempat makan dan tempat bekerja perwira.

ruang tidur perwira

ruang tidur perwira

ruang komandan

ruang komandan

Ruang 3

Menurut informai yang tersedia di dalam kapal, ruangan ini merupakan tempat pengendalian dan pusat informasi tempur. Komandan kapal mengendalikan kegiatan pada saat kapal beroperasi ataupun saat sedang melaksanakan serangan torpedo di ruangan ini. Di ruangan ini terdapat ruang komunikasi, yaitu ruangan untuk bertukar informasi. Ada juga periskop untuk melihat keadaan di luar kapal pada saat menyelam di kedalaman 13 meter. Selain itu terdapat kompas untuk mengetahui posisi kapal selam. Terdapat juga bilik hitung untuk menghitung jarak torpedo ke titik sasaran, antena radar(navigasi) yang digunakan untuk mengetahui arah melalui posisi busur dan lintang bumi, ruang sonar yang merupakan tempat untuk mendeteksi adanya obyek lain yang berada di sekitar kapal ketika kapal menyelam, ruang radar digunakan untuk mendeteksi adanya obyek lain di sekitar kapal saat kapal berada di permukaan.

ruang komunikasi

ruang komunikasi

alat komunikasi

alat komunikasi

ruang sonar

ruang sonar

ruang radar

ruang radar

bilik hitung

bilik hitung

giro kompas

giro kompas

periskop

periskop

Ruang 4

Merupakan ruangan untuk Bintara atau Tamtama. Di ruangan ini terdapat tempat tidur ABK, kamar mandi, tempat makan, dapur serta gudang untuk menyimpan makanan.

tempat tidur ABK

tempat tidur ABK

kamar mandi

kamar mandi

Ruang 5

Ruang ini merupakan ruang mesin. Di ruang ini terdapat mesin diesel yang digunakan sebagai pendorong saat kapal selam berada di atas permukaan.

mesin diesel

mesin diesel

Ruang 6

Merupakan ruang listrik yang terdapat 2 motor listrik. Motor listrik digunkaan sebagai motor pendorong pokok pada waktu kapal sedang menyelam. Ada juga 2 motor ekonomi yang digunakan pada saat kapal berlayar dengan kecepatan ekonomis.

motor listrik

motor listrik

motor ekonomi

motor ekonomi

Ruang 7

Merupakan ruangan torpedo buritan. Di bagian atas ruangan ini terdapat pintu masuk ABK.

ruang 7

ruang 7

ruang torpedo buritan

ruang torpedo buritan

Monumen Kapal Selam ini memiliki fasilitas pendukung yaitu Video Rama yang memutar sejarah KRI Pasopati 401 selama masa pengabdiannya hingga dijadikan sebagai monumen. Sayangnya karena keterbatasan waktu, saya dan suami tidak sempat menikmati pemutaran video bersejarah itu 🙁 . Selain itu juga terdapat kolam renang untuk anak-anak. Sehingga tempat ini cocok sekali untuk tempat rekreasi bersama keluarga.

Share This:

January 25th, 2016 by

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

%d bloggers like this: