Orak Arik Sayuran

orak arik sayuran 1

Assalamu’alaikum..

Untuk menu orak arik sayuran ini, mungkin sudah sering menjadi menu yang kita makan sehari-hari. Proses pembuatan orak arik sayuran sangat mudah, hanya memasukkan beberapa sayuran lalu diorak-arik. Orak-arik dalam bahasa indonesia artinya berantakan. Mungkin inspirasi nama masakan ini muncul karena semua bahan-bahan yang digunakan dibuat berantakan dalam satu wajan.

Sayur yang saya pakai biasanya wortel dan kol. Wortel kalau di rumah saya menjadi sayuran wajib yang harus ada di kulkas tiap minggunya. Karena wortel merupakan sayuran yang fleksible kalau menurut saya, hehe. Banyak menu yang bisa dimasak menggunakan wortel. Kalau saya sedang malas memasak sayur, biasanya wortel saya potong-potong lalu saya rebus dan dimakan begitu saja tanpa diberi bumbu. Kadang kalau di kulkas ada stok bumbu pecel, wortel rebus tadi saya siram menggunakan bumbu pecel agar lebih berasa. Sering juga wortel ini saya iris halus dan nyetok agak banyak lalu saya simpan di tupper*are, nantinya bisa dibikin bakwan sayur atau orak-arik.

Lanjut ke orak-arik..hehe. Selain wortel dan kol, bisa juga ditambahkan sayuran lain, misalnya buncis atau brokoli agar warnanya lebih cerah dan menggoda. Ada 2 versi cara memasak orak-arik yang pernah saya buat. Yang satu seperti di postingan ini, bumbunya di uleg dan ga pakai kecap, yang satunya lagi bumbunya diiris-iris dan rasanya agak manis karena pakai kecap. Insyaallah orak-arik versi 2 akan saya post di postingan berikutnya 🙂
Nah berikut ini resep orak arik sayuran ala saya …

Orak Arik Telur Sayuran

Bahan :
20 buah buncis, iris serong tipis-tipis
2 buah wortel, iris halus sepanjang korek api
1/4 bulat kol, iris halus
1 buah telur
100 ml air
1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
2 siung bawang putih
merica butir secukupnya
gula dan garam secukupnya

Cara memasak :
1. Tumis bumbu halus sampai wangi.
2. Masukkan air, tunggu hingga mendidih
3. Jika sudah mendidih, masukkan wortel dan buncis. Tunggu sampai agak empuk dan air mulai menyusut.
4. Masukkan kol, aduk-aduk hingga tercampur.
5. Jika kol sudah mulai empuk, masukkan telur sambil terus diorak-arik, sampai telur merata dan matang.
6. Matikan api, sajikan bersama nasi hangat 🙂

Share This:

February 11th, 2016 by

Tagged with: , , , , , , , , ,

%d bloggers like this: