Mencicipi Segarnya Selat Vien’s Solo

Assalamu’alaikum..

Berkunjung ke Solo kurang lengkap rasanya kalau tidak mencicipi kuliner khasnya. Salah satu kuliner khas kota Solo adalah Selat Solo. Selat Solo yang juga sering disebut Bistik Jawa ini terdiri dari daging, telur, sayur-sayuran seperti buncis, selada dan wortel, serta kentang goreng yang disiram dengan kuah yang segar. Tidak jauh dari Stasiun Solo Balapan, tepatnya di Jalan Hasanuddin No. 99, Banjarsari, Surakarta, ada sebuah tempat makan yang menjual selat solo. Namanya Selat Solo Vien’s. Tempat makan ini terkenal enak dan murah, sehingga tidak pernah sepi pengunjung, apalagi ketika jam makan siang. Walaupun ramai, pembeli tidak perlu lama menunggu pesanan, karena pelayannya cukup banyak dan cepat dalam melayani pelanggan. Selat Solo Vien’s ini menyediakan berbagai macam menu, salah satu menu utamanya tentu saja selat solo. Selat Solo ada dua macam yaitu selat daging iga dan selat daging cacah. Selain selat solo, ada juga masakan sup yaitu sup matahari, sup galantin, dan sup manten. Ada juga gado-gado dan satu menu yang tidak kalah menarik yaitu stup makaroni.

Waktu itu saya dan suami mengunjungi tempat makan ini saat jam makan siang, tidak peru ditanya lagi, sudah pasti ramai sekali, hehe. Kami memesan seporsi selat daging cacah, stup makaroni, dan sup matahari. Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, selat daging cacah ini berisi daging (dagingnya dicacah dan dibentuk bulat), telur, buncis, wortel, selada, acar timun, serta kentang. Kuahnya encer dan berwarna kecoklatan. Rasanya segar dan agak asam, sangat cocok dimakan siang-siang nan panas saat itu.

selat solo vien's

Seporsi stup makaroni terlihat seperti cream soup, berisi makaroni, ayam yang dipotong kecil-kecil, serta kocokan telur. Saya pikir akan terasa eneg, ternyata enak sekali. Kuahnya tidak sekental cream soup seperti yang saya bayangkan. Yang paling berkesan dari stup makaroni di Vien’s adalah pala dan merica yang membuat aroma dan rasa masakan ini semakin sedap, saya pun semakin tidak sabar untuk melahapnya.

stup makaroni vien's

Sup matahari berisi daging ayam yang dicincang, jamur dan sayuran yang dicampur dan dibungkus telur dadar, lalu dipotong bagian atasnya sehingga bentuknya menyerupai matahari. Kuahnya segar, seperti sup pada umumnya. Sayangnya saya tidak sempat mengcapture gambar sup matahari, karena sudah sangat lapar waktu itu, hehe.

Harga makanan di Selat Solo Vien’s tergolong murah untuk porsi yang cukup mengenyangkan. Seporsi selat daging cacah dijual seharga Rp 9.000,00, stup makaroni dan sup matahari dijual seharga Rp 7.000,00. Tempat makan ini bisa menjadi alternatif kuliner saat berkunjung ke kota Solo.

Selat Vien’s Solo
Ruko Srambatan, Jl. Hasanuddin No. 99, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah

Share This:

February 2nd, 2016 by

Tagged with: , , , , , , , , , , , , ,

%d bloggers like this: