Kuliner Surabaya : Soto Madura Tapak Siring

soto madura tapak siring

Assalamualaikum..

Kemarin Jumat saya dan suami berkunjung ke kota yang memiliki julukan kota pahlawan, Surabaya. Setelah menempuh perjalanan selama 6 jam menggunakan kereta, kami langsung melanjutkan perjalanan kami menuju hotel. Hotel kami terletak di daerah Karang Menjangan, tidak jauh dari Stasiun Gubeng, hanya sekitar 2 km saja. Sebelum keberangkatan kami ke Surabaya, tentu saja kami sudah searching-searching terlebih dulu mengenai tempat makan yang enak di Surabaya. Salah satu tempat makan yang ada di list kami adalah Bebek Hitam Sayeki yang terletak di Jalan Dharmahusada, tidak jauh dari hotel tempat kami menginap.

Setelah solat ashar dan istirahat sejenak, kami langsung berjalan kaki menuju Jalan Dharmahusada. Bebek Hitam Sayeki yang katanya terletak di sekitar IDI (Ikatan Dokter Indonesia), sebelah alfamart ternyata tutup 🙁 🙁 . Padahal saya sudah sampai ngiler-ngiler membayangkan makan bebek sore itu. Akhirnya kami berjalan pulang ke hotel dengan menyusuri Jalan Dharmahusada. Di kanan jalan kami melihat ada tempat makan bernama Depot Soto Madura Tapak Siring (Jalan Dharmahusada No. 14 Surabaya). Lalu kami memutuskan untuk mencoba makan disitu. Ini pertama kalinya kami makan soto madura. Kami memesan 2 porsi soto madura. Tidak lama kemudian pesananan kami pun datang. 2 mangkok soto madura tersaji di meja kami. Kemudian si penjual meletakan piring berisi beberapa bungkus daun pisang, yang ternyata isinya adalah nasi (porsi nasinya sedikit sekali). Kemudian kami segera mencicipi soto yang telah tersaji di meja kami. Hmmm…tidak seperti yang kami bayangkan, ternyata rasanya enak, kaldu dagingnya sangat terasa. Kami pikir soto madura berkuah kental karena santan, ternyata tidak menggunakan santan. Dalam semangkok soto madura terdapat daging, telur dan beberapa jeroan seperti iso dan paru (sepertinya bisa memesan daging saja tanpa jeroan). Dan dagingnya sangat empuk !!

Harga seporsi soto madura Rp 24.000,- dan sebungkus nasi Rp 3.000,- . Cukup mahal memang, mungkin karena harga daging saat ini sedang mahal (baru saja saya melihat berita di TV tentang harga daging, hehe), padahal sebelumnya saya searching via google, harganya gak sampai Rp 20.000,- . Tapi yasudahlah, kami cukup puas dengan porsinya yang banyak dan rasanya yang enak, hehehe. Oh ya, soto madura tapak siring ini katanya buka dari pagi sampai malam (06.00-21.00), jadi bisa untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Semoga informasinya bermanfaat 🙂