Istana Ratu Boko Nan Eksotis

Assalamu’alaikum..

Dari candi Prambanan kira-kira 3 km ke arah selatan, ada sebuah bangunan seperti candi. Namun ternyata bangunan ini bukanlah candi, melainkan merupakan bangunan bekas keraton. Bangunan ini disebut Istana Ratu Boko. Berbeda dengan candi Prambanan yang bentuknya terlihat utuh dan megah, Istana Ratu Boko ini berbentuk puing-puing bangunan yang tersebar di area yang luas di atas bukit. Itulah yang membuat Istana Ratu Boko menjadi eksotis dan membuat saya berimajinasi semegah apa bangunan ini saat masih utuh jaman dahulu kala, hehe. Jika pernah mampir ke Candi Prambanan, pasti ditawari tiket terusan ke Istana Ratu Boko. Disana disediakan shuttle bus yang siap mengantar kita ke Istana Ratu Boko.

ratu boko 2

Waktu itu sekitar pertengahan Januari 2016, saya dan 2 orang teman berkunjung ke obyek wisata ini. Begitu memarkirkan motor, kami disuguhi tangga yang terjal. Kami harus menaiki anak-anak tangga tersebut untuk bisa menuju ke kompleks Istana Ratu Boko. Cukup melelahkan hehe. Namun ternyata ada jalan lain yaitu lewat pintu belakang dengan memutari kawasan perbukitan dan melintasi perkampungan sehingga bisa langsung parkir di halaman dalam. Harga tiket masuk Istana Ratu Boko cukup terjangkau yaitu Rp 25.000,- untuk dewasa dan Rp 10.000,- untuk anak-anak.

ratu boko 1

Setelah mendaki tangga yang terjal, kami disuguhi area taman yang luas. Disana kami bisa istirahat sejenak dan foto-foto sebentar. Lalu kami naik menuju pintu gerbang atau gapuro Istana Ratu Boko. Tempat inilah yang menjadi spot paling favorit untuk foto-foto.

ratu boko 4

Setelah gapuro ada area taman dengan pohon-pohon yang rindang, disana disediakan beberapa kursi untuk duduk-duduk santai. Setelah duduk-duduk sebentar, kami melanjutkan perjalanan.

ratu boko 3

Dengan mengikuti jalan setapak, lalu sampailah kami di area yang di sebut keputren yang katanya sih tempat pemandian keluarga raja. Disana ada kolam-kolam dengan pemandangan indah disekitarnya.

ratu boko 5

Kalau kehausan atau kehabisan minuman, tidak perlu khawatir karena di kompleks ini ada warung kecil yang menjual makanan dan minuman. Nah begitulah cerita kunjungan saya ke Istana Ratu Boko. Kalau berkunjung ke Jogja, jangan lupa disempatkan mampir kesini, hehe. Semoga infonya bermanfaat 🙂

Share This:

February 20th, 2016 by

Tagged with: , , , , , , , , ,

%d bloggers like this: