Category: Tahu / Tempe

sambel goreng krecek tahu (2)

Assalamu’alaikum..

Ngomong-ngomong soal selera masakan, saya jarang sekali memasak masakan berkuah santan. Suami saya lebih suka masakan bekuah segar seperti sop dan sayur bening, sedangkan saya lebih suka menu yang rasanya cenderung manis dan agak pedas, semacam tumis-tumisan. Tetapi untuk variasi, sesekali saya masak yang santan-santan juga. Seperti kali ini, saya mencoba memasak Sambel Goreng Krecek dan Tahu. Sambel goreng ini menu wajib banget saat lebaran di kampung halaman bapak saya di Karanganyar. Biasanya disandingkan dengan opor ayam dan kerupuk udang serta telur bacem. Biasanya bulek saya menggunakan hati ayam dan krecek sebagai isian di sambel goreng. Read more of this article »

Share This:

February 9th, 2017 by shiyamawati

Posted in Lauk, Resep Masakan, Tahu / Tempe Tagged with: , , , , ,

rolade tempe

Assalamu’alaikum..

Pengen makan tempe tapi gak berasa tempe? Bikin rolade tempe saja kalo begitu, hihi. Olahan tempe yang satu ini proses pembuatannya mudah, bahan-bahannya juga mudah dicari. Hanya perlu menyiapkan tempe, roti tawar, tepung terigu, dan telur. Tinggal dicampur aduk jadi satu lalu ditambah bumbu. Lalu digulung menggunakan telur dadar, dibungkus menggunakan daun pisang atau aluminium foil. Tempenya bisa diperbanyak agar lebih terasa. Agar daun pisang tidak mudah sobek saat digunakan untuk membungkus, sebelumnya saya kukus terlebih dulu sebentar sampai teksturnya agak layu. Mari dicoba resep rolade tempe nya.. Read more of this article »

Share This:

June 23rd, 2016 by shiyamawati

Posted in Lauk, Resep Masakan, Tahu / Tempe Tagged with: , , , , ,

sup bola tahu (1)

Assalamualaikum..

Di bulan Ramadhan ini, salah satu hal yang sering terlintas di pikiran kita adalah menu buka puasa. Kadang belum ada setengah hari berpuasa saja kita sudah bingung memikirkan menu buka puasa, hehe. Untuk mbak-mbak atau ibu-ibu yang hobi masak tapi hanya punya waktu terbatas seperti saya, daripada membeli jajan untuk takjil buka puasa, saya lebih senang memasak sendiri. Jadi harus putar otak, gimana caranya membuat menu buka puasa yang enak tapi praktis. Read more of this article »

Share This:

June 18th, 2016 by shiyamawati

Posted in Cemilan, Resep Masakan, Tahu / Tempe Tagged with: , , , , , , ,

nasi bakar (1)

Assalamualaikum..

Nasi bakar ini sekarang sudah banyak dijual di warung-warung makan. Isiannya juga bervariasi, ada sambel goreng, ayam suwir, teri, dan masih banyak lagi. Resep nasi bakar ini mudah untuk dipraktekkan, tapi butuh waktu lama, terutama saat proses membungkusnya, hehehe.

Jadi, lebih baik membuat agak banyak sekalian. Kalau mau dimakan tinggal dikukus trus dibakar. Nasi bakarnya ditambah daun kemangi segar jadi makin sipp aroma dan rasanya,hmmm. Langung aja yuk diintip resep nasi bakarnya. Read more of this article »

Share This:

May 14th, 2016 by shiyamawati

Posted in Olahan Nasi, Resep Masakan, Tahu / Tempe Tagged with: , , , , , ,

orak arik tahu telur

Assalamualaikum..

Tahu adalah lauk yang jarang absen di kulkas saya hehe. Karena murah meriah, enak, selain itu tahu juga mudah untuk diolah menjadi masakan apa saja. Yang paling mudah menurut saya, tahu dibumbui bawang putih dan garam lalu digoreng, rasanya sudah cukup enak sebagai teman makan nasi hangat. Kali ini saya ingin mencoba share resep tahu lainnya yang gak kalah menarik, yaitu orak arik tahu telur. Check this out..

Read more of this article »

Share This:

January 18th, 2016 by shiyamawati

Posted in Lauk, Resep Masakan, Tahu / Tempe Tagged with: , , , , , , , ,