Category: Lauk

Assalamu’alaikum..

Ikan pindang keranjang ini mudah sekali ditemui. Biasanya jarang absen dijual oleh pemilik warung-warung sayur. Di pasar juga banyak yang menjual ikan pindang keranjang ini. Ikan ini enak dimasak apa saja, karena ikannya sudah dimasak dan digarami terlebih dulu. Kalau lagi malas repot, ikan pindang keranjang ini saya goreng dengan kocokan telur saja, rasanya sudah enak banget, apalagi dimakan sebagai lauk sayur asem atau sayur lodeh, hmmm.

Oseng-oseng pindang keranjang ini salah satu masakan favorit saya. Dulu sering request ke Ibu untuk dibuatkan masakan ini. Gak cuma ikannya, bumbu-bumbunya saja enak juga kok dimakan dengan nasi hangat. Saya selalu pakai bumbu banyak untuk memasak oseng-oseng pindang keranjang ini. Kalau ibu biasanya pakai cabai hijau, kalau saya sih seadanya dikulkas saja, hehe. Kali ini juga masaknya pakai cabai campur-campur, ada cabai hijau, cabe merah & cabai rawit merah. Oiya, untuk minyaknya sengaja saya gunakan agak banyak sekitar 3-4 sdm agar lebih oily. Baiklah, yuk mari disimak resep oseng-oseng ikan pindang keranjangnya.. Read more of this article »

Share This:

April 7th, 2017 by shiyamawati

Posted in Lauk, Seafood Tagged with: , , , ,

chicken steak

Assalamu’alaikum..

Ceritanya dari kemarin lagi pengen makan steak. Tapi pengen makan yang buanyaak sampe mblenger. Kalo beli rasanya kurang kenyang makan satu porsi, tapi kalo makan banyak-banyak sayang duitnya, hehehe 😛 . Saya mah gitu kalo lagi pengen makan sesuatu. Makanya saya belajar masak biar bisa bikin sendiri makanan yang saya suka dan bisa makan sepuasnya. Read more of this article »

Share This:

March 6th, 2017 by shiyamawati

Posted in Lauk, Olahan Ayam, Resep Masakan Tagged with: , , , , , , , , , ,

semur ati ampela (2)

Assalamu’alaikum..

Kalau teman-teman sedang ingin masak dengan bumbu minimalis, bisa dicoba resep yang satu ini. Ati ampela saya masak dengan bumbu yang sangat simple, gak pakai bumbu pawon komplet. Saya memasaknya juga gak pakai minyak sama sekali. It simple but delicious! Read more of this article »

Share This:

February 27th, 2017 by shiyamawati

Posted in Lauk, Olahan Ayam, Resep Masakan Tagged with: , , , , , ,

sambel goreng krecek tahu (2)

Assalamu’alaikum..

Ngomong-ngomong soal selera masakan, saya jarang sekali memasak masakan berkuah santan. Suami saya lebih suka masakan bekuah segar seperti sop dan sayur bening, sedangkan saya lebih suka menu yang rasanya cenderung manis dan agak pedas, semacam tumis-tumisan. Tetapi untuk variasi, sesekali saya masak yang santan-santan juga. Seperti kali ini, saya mencoba memasak Sambel Goreng Krecek dan Tahu. Sambel goreng ini menu wajib banget saat lebaran di kampung halaman bapak saya di Karanganyar. Biasanya disandingkan dengan opor ayam dan kerupuk udang serta telur bacem. Biasanya bulek saya menggunakan hati ayam dan krecek sebagai isian di sambel goreng. Read more of this article »

Share This:

February 9th, 2017 by shiyamawati

Posted in Lauk, Resep Masakan, Tahu / Tempe Tagged with: , , , , ,

ayam geprek

Assalamu’alaikum..

Ayam geprek ini merupakan salah satu menu favorit saya. Gak cuma saya ya sepertinya yang senang makan ayam geprek. Saya mengenal makanan ini semenjak pindah ke Yogyakarta. Kalau dulu saya hanya mengenal ayam penyet, setelah pindah ke Jogja tiga tahun yang lalu, saya baru tahu ada ayam diuleg seperti ini.

Di Jogja banyak sekali warung-warung yang menjual menu andalan ayam geprek. Saat ini gak cuma di Jogja saja sepertinya. Menu ayam geprek sudah banyak ditemui di kota-kota lain.

Ayam yang digunakan untuk membuat ayam geprek biasanya adalah ayam tepung. Walaupun ada beberapa warung yang menyediakan ayam goreng biasa untuk menu geprek, namun saya tetap lebih suka ayam tepung, lebih ngelawuhi, hehe. Remahan tepung yang bercampur dengan sambal saja sudah enak dimakan dengan nasi hangat. Read more of this article »

Share This:

February 5th, 2017 by shiyamawati

Posted in Lauk, Olahan Ayam, Resep Masakan Tagged with: , , , , , , , ,

tongkol suwir pedas

Assalamualaikum..

Ikan tongkol mudah sekali ditemukan di pasar ataupun di supermarket. Selain itu harganya pun cukup terjangkau. Tentunya kita sering juga menemukan berbagai olahan ikan tongkol di warung-warung makan. Salah satu olahan dari ikan tongkol yang pernah saya buat adalah Ikan Tongkol Suwir Pedas. Bahan-bahan yang diperlukan untuk memasaknya adalah bumbu dapur pada umumnya, sehingga mudah sekali didapat. Langsung saja saya tulis resep Ikan Tongkol Suwir Pedasnya ya..

Read more of this article »

Share This:

January 14th, 2017 by shiyamawati

Posted in Lauk, Resep Masakan, Seafood Tagged with: , , , , ,

ayam-bakar-bumbu-rujak

 

Assalamu’alaikum..

Masih dengan postingan berhastag latepost, kali ini saya mau share resep yang agak rempong bikinnya. Kenapa saya bilang rempong, karena lama sist masaknya, hehe. Setelah melalui proses pengungkepan yang lumayan lama, sebenarnya ayam sudah enak untuk dimakan. Tapi biar lebih afdol, ayamnya kudu dibakar dulu agar sesuai dengan judul yaitu Ayam Bakar Bumbu Rujak. Resep ini pernah saya buat jaman dahulu kala, namun baru sempat saya posting di blog ini. Monggo dicek dan dipraktekkan resepnya. Read more of this article »

Share This:

December 31st, 2016 by shiyamawati

Posted in Lauk, Olahan Ayam, Resep Masakan Tagged with: , , ,

chicken burger steak

Assalamualaikum..

Membuat steak tidak harus menggunakan daging segar, bisa juga menggunakan olahan dari daging cincang seperti burger atau biasa disebut patty. Kali ini saya mencoba membuat steak dengan menggunakan chicken burger. Membuat chicken burger agak ribet memang, karena saya kemarin mem-fillet sendiri daging ayamnya. Karena itu, chicken burgernya sebaiknya dibuat agak banyak sekalian, biar sekalian repotnya, hihi.

Chicken burger yang sudah dicampur dengan bahan-bahan lain kemudian dikukus (bisa juga langsung digoreng). Setelah itu digoreng sebentar, sebelum di goreng saya olesi dengan bumbu oles agar lebih enak rasanya, lalu disiram kuah steak. Berikut ini resep dan cara membuat chicken burger steak. Read more of this article »

Share This:

July 15th, 2016 by shiyamawati

Posted in Lauk, Olahan Ayam, Resep Masakan Tagged with: , , , , , , ,