Candi Prambanan

candi prambanan 1

Assalamu’alaikum..
Di perbatasan Jogja dan Klaten, terdapat sebuah candi Hindu terbesar di Indonesia, yaitu candi Prambanan. Dibalik kemegahannya, ada sebuah cerita rakyat yang sangat terkenal dan masih eksis sampai saat ini, legenda Roro Jonggrang namanya. Begini cerita singkatnya (saya cuplik dari wikipedia), ada pangeran bernama Bandung Bondowoso dari Kerajaan Pengging yang ingin mempersunting seorang putri raja bernama Roro Jonggrang dari Kerajaan Baka. Karena tidak mau diperistri oleh Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang memberikan 2 buah syarat yang sulit untuk dilakukan. Yang pertama adalah membuat sumur yang dinamakan sumur Jalatunda. Syarat yang pertama ini berhasil diselesaikan oleh Bandung Bondowoso. Syarat yang kedua yaitu membangun 1000 candi dalam waktu semalam. Syarat yang kedua ini gagal diselesaikan oleh Bandung Bondowoso akibat tipu muslihat Roro Jonggrang. Candi yang dibangun hanya mencapai 999 candi saja. Saking murkanya karena ditipu, Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca untuk menggenapi candi terakhir.

candi prambanan 2

Menurut kisah ini, 999 candi yang tidak selesai dikerjakan oleh Bandung Bondowoso ini sekarang dinamakan  Candi Sewu. Arca yang merupakan jelmaan dari Roro Jonggrang dikenal sebagai arca Durga yang terdapat di ruang utara candi utama di Prambanan. Sedangkan Kerajaan Baka yang diceritakan pada kisah tersebut adalah Istana Ratu Boko yang terletak tidak jauh dari Candi Prambanan. Nah itu dia cerita singkat tentang legenda Roro Jonggrang. Coba jaman sekarang cewek-ceweknya kaya Roro Jonggrang, kalau dilamar mintanya dibikinin candi, pasti cowok-cowok pada jomblo semua, hehe.

candi prambanan 3

Candi Prambanan jika ditempuh dari Jogja memerlukan waktu kurang lebih 30 menit ke arah Timur melewati Jalan Raya Solo Jogja. Bagi yang tidak ada kendaraan pribadi, bisa naik transjogja yang murah meriah dengan halte tujuan Halte Prambanan. Dari halte Prambanan bisa jalan kaki sebentar sekitar 15 menit atau naik becak. Untuk bisa masuk ke kompleks candi, harus membeli tiket masuk terlebih dulu di loket yang buka dari jam 06.00-17.00 WIB. Tiket masuk candi Prambanan untuk wisatawan lokal adalah Rp. 30.000,- ( dewasa ) dan Rp. 12.500,- ( anak-anak ). Sedangkan tiket untuk wisatawan mancanegara yaitu Rp.171.000,- ( dewasa ) , Rp. 85.000,- ( anak-anak ). Jika kita berkunjung ke Candi Prambanan bisa juga sekalian mengunjungi istana Ratu Boko dengan tiket terusan ke Istana Ratu Boko. Nah demikian sekilas informasi tentang Candi Prambanan. Semoga bermanfaat 🙂

Share This:

February 8th, 2016 by

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , ,

%d bloggers like this: