Beef Yakiniku

beef yakiniku

Assalamu’alaikum..

Kalau kata orang Jepang, yakiniku artinya daging panggang. Dagingnya bisa bermacam-macam, tidak harus daging sapi. Seperti di salah satu resto jepang all you can eat, sebut saja h*n*masa, disana disediakan berbagai macam makanan pilihan, mulai dari daging sapi, ayam, seafood dan sayuran segar. Macam-macam dan menggiurkan, rasanya pengen saya lahap semua yang ada disana hehe. Kemudian di setiap meja terdapat kompor serta panci dengan kuah kaldu jika ingin daging atau sayurnya direbus. Ada juga pan dan segumpal lemak untuk memanggang daging-daging yang sudah dipilih. Sebelum dipanggang, dagingnya bisa dicocol di saus rendaman terlebih dulu. Hmm..nikmat yak. Semoga saja resto ini segera mengurus sertifikat halalnya (*eh atau malah sudah ya??), rasanya pengen makan disana lagi hihi.

Sebenarnya saya bingung, postingan ini baiknya diberi judul apa. Saya memasaknya juga berdasarkan ilmu ngasal saja, buka-buka postingan lama di blog saya, lalu tiba-tiba terpikir menggunakan bumbu rendaman steak yang penah saya buat, kemudian saya coba membuat daging panggang ala-ala resto yang saya ceritakan tadi, memanggangnya hanya menggunakan teflon, hehe. Hasilnya..tadaaa…enaak!! Walaupun kurang empuk dagingnya, mungkin karena irisannya kurang tipis. Saya pernah membaca artikel, agar lebih mudah, mengiris dagingnya saat keadaan masih beku. Tetapi kalau dipikir-pikir, saat keadaan beku memangnya terlihat arah seratnya? Karena memotong daging itu baiknya berlawanan arah seratnya agar daging cepat empuk ketika dimasak. Daging yang sudah diiris, kemudian dicampur dengan bumbu rendaman, disimpan di dalam kulkas kurang lebih 1 jam agar bumbu meresap.

Makan beef yakiniku enaknya menggunakan sayur yang plain atau cuma direbus saja tanpa ditambahkan bumbu, agar tidak merusak rasa beef yakiniku nya. Saya menggunakan brokoli yang direbus sebentar sebagai sayur pendampingnya. Duh makanan ini membuat saya gak ingat sama perut saya. Rasanya gak pengen berhenti mengunyah dan nambah nasi terus, gak kerasa kalau ternyata perut saya sudah buncit karena kebanyakan makan, hehe.

Beef Yakiniku

(English Version)

Ingredient :
250 g beef, slice thinly
boiled broccoli
1 tablespoons margarine
1 tablespoons toasted sesame seed

Sauce :
1/2 teaspoons ground onion, or to taste
1 teaspoons ground pepper, or to taste
1 tablespoons light soy sauce
2 tablespoons soy sauce
1/2 tablespoons oyster sauce

Direction :
1. Mix together sauce ingredients.
2. Dip the beef in the sauce, let it sit for an hour in the refrigerator.
3. Cook the beef and the sauce in melted margarine on low.
4. Serve the beef with rice, boiled broccoli and toasted sesame seed.

(Versi Bhs Indonesia)

Bahan :
250 gram daging sapi, iris tipis-tipis
sekuntum brokoli, rebus sebentar
1 sdm margarine untuk memanggang

Bumbu rendaman :
1 siung bawang putih dan merica, haluskan
1 sdm kecap asin
2 sdm kecap manis
1/2 sdm saus tiram

Cara memasak :
1. Campur semua bahan bumbu rendaman.
2. Uleni daging dengan bumbu rendaman, remas-remas, lalu simpan di kulkas minimal satu jam.
3. Panaskan margarine di atas teflon, panggang daging dengan api kecil, masukkan juga sisa bumbu rendamannya.
4. Panggang sampai daging matang, dan bumbu rendaman menyusut.
5. Sajikan dengan taburan wijen

Itadakimasu 🙂

Share This:

February 17th, 2016 by

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , ,

%d bloggers like this: