Bakwan Jagung

bakwan jagung

Assalamu’alaikum..

Untuk kita orang Indonesia, pasti familiar sekali dengan makanan ringan yang namanya gorengan. Hampir di setiap sudut kota pasti ada yang menjual makanan ini. Biasanya para pedagang menjajakan gorengan dengan menggunakan gerobak. Gorengan ini banyak sekali variasinya. Ada pisang goreng, bakwan sayur, bakwan jagung, tahu isi, mendoan, dan masih banyak lagi.

Kalau ditanya paling enak yang mana, jawabannya enak semua kalo menurut saya, hihi. Selain rasanya yang enak, harganya pun murah meriah. Dengan 2000 rupiah saja bisa mendapatkan 3 buah gorengan. Walaupun murah, kalo saya pribadi lebih senang membuatnya sendiri di rumah. Yang jelas kebersihan dan kesehatannnya lebih terjamin. Apalagi sekarang ini banyak oknum-oknum penjual gorengan yang nakal, yang kadang ikut memasukkan plastik bungkus minyak goreng ke dalam penggorengan,agar gorengannya lebih renyah katanya. Selain itu kadang agak was-was kalau melihat minyak yang dipakai untuk menggoreng warnanya sudah hitam dan tidak layak pakai.

Nah, di postingan kali ini, saya akan bercerita tentang salah satu jenis gorengan yang sudah umum atau sudah sering dijajakan di pinggir jalan, yaitu bakwan jagung. Di rumah saya Semarang, bakwan jagung ini sering sekali tersedia di meja depan TV apalagi saat weekend ketika Bapak saya sedang dirumah. Bapak saya suka sekali bakwan jagung. Saat ramadhan juga sering menjadi menu buka puasa. Saat arisan sering juga menjadi suguhan untuk tamu-tamu. Bakwan jagung dimakan sambil dicocol saus atau sambil menggigit cabe rawit agar rasanya semakin maknyus. Untuk membuat bakwan jagung, yang digunakan adalah jagug manis. Jagungnya dipipil atau diserut saja. Kalau saya biasanya selalu menambahkan wortel yang dirajang halus ke dalam adonan bakwan jagung. Pernah juga mendapat tips membuat bakwan jagung agar semakin enak dari ibu saya, yaitu ditambah udang yang dihaluskan.

Bakwan Jagung

Bahan :
1 buah jagung manis, serut atau dipipil
1 buah wortel, rajang halus
kurang lebih 10 sdm tepung terigu
1 butir telur
air secukupnya
garam dan gula pasir secukupnya

Bumbu Halus :
2 siung bawang putih
merica secukupnya

Cara membuat :
1. Campurkan semua bahan-bahan dan bumbu halus
2. Panaskan minyak, goreng adonan sampai berwarna kuning kecoklatan
3. Sajikan hangat-hangat-hangat

Selamat mencoba 🙂

Share This:

January 22nd, 2016 by

Tagged with: , , , , , , , , , , ,

%d bloggers like this: