Ayam Geprek Sambel Terasi Mentah

ayam geprek

Assalamu’alaikum..

Ayam geprek ini merupakan salah satu menu favorit saya. Gak cuma saya ya sepertinya yang senang makan ayam geprek. Saya mengenal makanan ini semenjak pindah ke Yogyakarta. Kalau dulu saya hanya mengenal ayam penyet, setelah pindah ke Jogja tiga tahun yang lalu, saya baru tahu ada ayam diuleg seperti ini.

Di Jogja banyak sekali warung-warung yang menjual menu andalan ayam geprek. Saat ini gak cuma di Jogja saja sepertinya. Menu ayam geprek sudah banyak ditemui di kota-kota lain.

Ayam yang digunakan untuk membuat ayam geprek biasanya adalah ayam tepung. Walaupun ada beberapa warung yang menyediakan ayam goreng biasa untuk menu geprek, namun saya tetap lebih suka ayam tepung, lebih ngelawuhi, hehe. Remahan tepung yang bercampur dengan sambal saja sudah enak dimakan dengan nasi hangat.

Di warung ayam geprek, pembeli bisa menentukan tingkat kepedasannya. Kalo saya sih paling banter cabe 3, itu sudah menggap-menggap, hehe. Cabe yang digunakan biasanya adalah cabe rawit merah yang pedas membara diuleg dengan bawang putih dan sedikit garam.

Kemarin malam, saya memasak ayam geprek sebagai menu makan malam. Berbeda dengan yang dijual di warung-warung, yang biasanya menggunakan sambel bawang, saya menggunakan sambel terasi mentah. Rasanya jangan ditanya, sudah pasti enak. Suami saya lahap sekali makannya, walaupun kepedesan, hehehe.

Oiya, saat membuat ayam geprek, ayam tepungnya saya buat tidak terlalu asin karena nantinya akan diuleg bersama sambal. Yuk mari disimak resep ayam geprek sambel terasi mentahnya..

Ayam Geprek Sambel Terasi Mentah

Bahan Ayam Tepung :
200 gram dada ayam, dilumuri sedikit garam dan merica bubuk, simpan di dalam kulkas kurang lebih 1 jam
tepung terigu secukupnya untuk melapisi

Sambal (haluskan) :

1/2 bawang putih
1/2 sdt terasi
cabe merah keriting sesuai selera (saya pakai 3 buah)
sedikit garam dan gula pasir

Cara membuat :
1. Baluri ayam dengan tepung terigu.
2. Masukkan ayam yang sudah dibaluri ke dalam larutan tepung terigu yang diberi sedikit garam.
3. Baluri lagi dengan tepung terigu sambil diremas-remas.
4. Goreng ayam sampai matang.
5. Haluskan ayam tepung goreng bersama dengan sambal terasi mentah.
6. Ayam geprek siap disajikan bersama nasi hangat dan lalapan.

Share This:

February 5th, 2017 by

Tagged with: , , , , , , , ,

%d bloggers like this: